PESAN BUAT WAKIL RAKYAT

Gambar

Sekedar informasi, sebelum Amandemen UUD’45  ‘’Majelis Permusyawaratan Rakyat’’ merupakan lembaga tertinggi Negara, majelis ini merupakan penjelmaan seluruh rakyat Indonesia, anggotanya terdiri atas seluruh wakil rakyat, seluruh wakil daerah, dans eluruh wakil golongan. Konsepsi Majelis Permusyawaratan Rakyat inilah pertama kali ditetapkan dalam Sidang PPKI pada acara pengesahan Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Gambar

Setelah Reformasi ngak tau lah apa yang menjadi dasar para pengambil keputusan mengamandemenkan UUD45 sehingga MPR bukan lagi menjadi lembaga tertinggi Negara, tetapi MPR adalah lembaga negara yang sejajar kedudukannya dengan lembaga-lembaga negara lainnya, bukan lagi penjelmaan seluruh rakyat Indonesia yang melaksanakan kedaulatan rakyat.

Gambar

Pasal 1 ayat (2) yang semulaberbunyi: “Kedaulatan adalah di tangan rakyat, dan dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat.” ,setelah diamandemen menjadi “Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar.”

MPR terdiri atas anggota DPR dan anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum.Keanggotaan MPR diresmikan dengan keputusan Presiden.

Hal yang penting buat kami Rakyat Indonesia adalah Anggota MPR sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji yaitu: dalam menjalankan kewajibannya akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dari pada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan, akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang diwakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan RI.

Janji ini penting buat kita Rakyat Indonesia untuk menuntut pertanggung jawaban “tidak bisa didunia ya.. di akhirat lah…hii….serem ya… khususnya buat anggota MPR yang tidak amanah, bayangkan rakyat Indonesia cing..berapa juta tuh…..

DPR-RI atau DPR adalah salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan lembaga perwakilan rakyat.DPR terdiri atas anggota partai politik peserta pemilihan umum yang dipilih melalui pemilihan umum.

Jelasya dong DPR merupakan wakil kita rakyat Indonesia karena kita yang memilih beliau, tapi sayang ya wakil kita berdasarkan surve dianggap sebagai salah satu lembaga yang paling korup di Indonesia.

Taukan konsep Trias Politika, katanya DPR berperan sebagai lembaga legislatif yang berfungsi untuk membuat undang-undang dan mengawasi jalannya pelaksanaan undang-undang yang dilakukan oleh pemerintah sebagai lembaga eksekutif. Fungsi pengawasan dapat dikatakan telah berjalan dengan baik apabila DPR dapat melakukan tindakan kritis atas kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang tidak sesuai dengan kepentingan rakyat. Sementara itu, fungsi legislasi dapat dikatakan berjalan dengan baik apabila produk hukum yang dikeluarkan oleh DPR dapat memenuhi aspirasi dan kepentingan seluruh rakyat.

Bagaimana Pendapat anda terkait fungsi pengawasan dan fungsi legislasi DPR kita sudah berjalan ?? Atau masih merupakan stempel dari pemerintah karena tidak bisa melakukan fungsi pengawasannya demi membela kepentingan rakyat??

Pesan buat wakil rakyat :

Mengutip Al=Quran Surat Al-Ashri, 1-3 :

“Demi Masa Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya menaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran”

Mengutip Surat Buat Wakil Rakyat “LirikLaguIwanFals”

Untukmu yang duduk sambil diskusi
Untukmu yang biasa bersafari
Di sana, di gedung DPR

Wakil rakyat kumpulan orang hebat
Bukan kumpulah teman teman dekat
Apa lagi sanak famili

Di hati dan lidahmu kami berharap
Suara kami tolong dengar lalu sampaikan
Jangan ragu jangan takut karang menghadang
Bicaralah yang lantang jangan hanya diam

Di kantong safarimu kami titipkan
Masa depan kami dan negeri ini
Dari Sabang sampai Merauke

Saudara dipilih bukan dilotre
Meski kami tak kenal siapa saudara
Kami tak sudi memilih para juara
Juara diam, juara he’eh, juara ha ha ha……

Wakil rakyat seharusnya merakyat
Jangan tidur waktu sidang soal rakyat
Jangan tidur waktu sidang soal rakyat

Wakil rakyat bukan paduan suara
Hanya tahu nyanyian lagu ’setuju’

syair tersebut menurut kami mewakili harapan rakyat Indonesia untuk anggota Dewan yang terhormat yang mewakiliNya, harapan yang sederhana dari rakyat mudah-mudahan gampang ya dalam mengimplementasikan,  “Oke  Ayo Maju Indonesia Ku”.

Gambar

Gambar

Iklan

0 Responses to “PESAN BUAT WAKIL RAKYAT”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: